TEMPO.CO, Jakarta – Ahli gizi di lapangan Olahraga atau ahli gizi olahraga, Emilia Achmadi mengatakan bahwa setiap orang harus mewaspadai keadaan bonking saat berolahraga. “Bonking adalah keadaan lelah dan merasa lemas saat berolahraga karena kekurangan karbohidrat dalam tubuh,” kata Emilia di Jakarta, Rabu, 7 Juli 2021.

Karbohidrat penting karena merupakan bahan bakar untuk berolahraga. Jika terjadi kekurangan karbohidrat, menurut dia, tubuh akan ‘hancur’ sehingga tidak bisa beraktivitas. Jika Anda bersikeras melakukan latihan, itu akan mengakibatkan cedera otot.

Karena itu, lanjut Emilia, orang yang sering berolahraga atau atlet membutuhkan nutrisi olahraga khusus. Nutrisi olahraga berbeda dengan nutrisi harian karena bertujuan untuk menunjang performa olahraga. Aturan memakannya juga memiliki ketentuan khusus.

Emilia menyamakan penggunaan mobil balap dengan mobil biasa. “Nutrisi olahraga itu seperti bahan bakar mobil balap, “katanya.” Bahan bakar yang tidak tepat untuk mobil balap tidak dapat menunjang performa yang optimal, bahkan dapat merusak komponen mobil. “

Pendiri Strive Indonesia, brand nutrisi olahraga dalam bentuk gel, Edo Bawono menyatakan asupan energi dalam olahraga penting untuk daya tahan tubuh. “Kebutuhan ini berangkat dari pengalaman pribadi. Kami sangat bersemangat olahraga dan ingin menjaga energi,” kata Edo, mantan atlet tenis junior di Amerika Serikat yang kini aktif bersepeda.

Nutrisi olahraga yang diperlukan, menurut dia, antara lain ekstrak jahe sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong. vitamin B Kompleks yang terdiri dari vitamin B1 dan vitamin B6 untuk mempercepat proses pembentukan energi, dan asam amino. Ada juga asupan karbohidrat yang terpenuhi melalui ekstrak kurma dan gula alami.