Our Blog post

Our Story, Our Passion, Our Dream

M Fadli saat mengonsumsi Strive energy gel

Intisari-Online.com - Olahraga menjadi salah satu pilar terpenting dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh dalam pandemi Covid-19.

Serupa seperti tahun lalu, masyarakat Indonesia kini mulai kembali menggiatkan aktivitas olahraga saat menghadapi gelombang kedua pandemi.

Namun, sering kali, saat berolahraga masyarakat Indonesia melupakan salah satu unsur penting lainnya, yaitu asupan nutrisi.

Padahal, seperti diungkapkan ilmuwan nutrisi, Dr Matthew Lantz Blaylock, PhD, selain olahraga, hal penting lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah nutrisi dan tidur cukup.

"Olahraga penting untuk menjaga kesehatan. Tapi tidak bisa menjalani hanya olahraga tapi dengan pola makan yang buruk," tutur Matthew, seperti dikutip dari kompas.com, Jumat (21/2/2020).

Bahkan, sebelum dan saat berolahraga, asupuan nutrisi pun sangat penting. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan energi tapi juga untuk mencegah cedera.

Sport nutritionist Emilia Achmadi menegaskan asupan nutrisi yang benar dan berolahrga sesuai dengan kemampuan diri sama pentingnya dengan menaati protokol kesehatan.

"Jika asupannya tidak benar, bukan saja tidak memberi hasil yang diharapkan, justru bisa menyebabkan cedera,” tutur Emilia saat peluncuran Strive Energy Gel yang dilakukan secara daring, Selasa (6/7/2021).

Emilia bahkan mengibaratkan asupan nutrisi seperti bahan bakar pada mobil balap, yang tidak bisa disamakan dengan bahan bakar pada mobil biasa.

"Bahan bakar yang tidak tepat tidak bisa mendukung performa optimal, bahkan bisa merusak komponen mobil," ujar Emilia.

Salah satu cara yang umum dilakukan untuk menjaga asupan nutrisi saat berolahraga adalah dengan mengonsumsi energy bar ataupun energy gel.

Hanya saja, untuk pecinta olahraga di Indonesia, produk-produk tersebut terkadang sulit untuk diperoleh karena hampir semuanya diimpor dari luar negeri.

 Masalah lain yang muncul ketika menggunakan produk energy bar ataupun energy gel impor adalah sering terjadinya ketidakcocokan dengan 'lidah dan perut' masyarakat Indonesia.

"Dulu saya sering eneg saat mengonsumsi energy gel dalam keadaan perut kosong," papar Chaidir Akbar, seorang atlet ultra marathon dan Ironman, sekaligus pendiri Triathlon Buddies dan endurance coach.

Namun, kehadiran Strive yang merupakan produk asli Indonesia ternyata mampu mengatasi masalah yang kerap dialami oleh pria yang akrab disapa Coach Idir tersebut.

Kandungan ekstrak jahe membuat Strive aman dikonsumsi saat perut kosong. Sementara kandungan ekstrak kurma mambuat asupan carbo dan gula alami untuk kebutuhan energi bisa lebih tahan lama.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari Edo Bawono selaku founder dari Strive yang menekankan kesesuaian dengan pecinta olahraga di Indonesia pada setiap produknya.

"Dimulai dari produk energy bar, kini kami hadir menawarkan produk energy gel pertama buatan Indonesia – dengan bahan dan formulasi yang khusus dibuat sesuai dengan sport enthusiast di Indonesia,” ujar Edo.

Sementara itu, M. Fadli, atlet peraih medali emas pada cabang balap sepeda Asian Para Games 2018, menuturkan manfaat penggunaan energy bar dan energy gel saat dirinya berlatih.

"...terasa punya energi lebih banyak dan lebih kuat, juga tidak terlalu lelah setelah berolahraga,” tutur Fadli.